RSS

About

Tentang Blog ini

Blog ini merupakan tempat menyampaikan banyak hal, dari mulai ilmu, pemikiran, ide juga opini yang sempat terbetik di kepala.

Secara khusus blog ini juga mencakup materi kajian ilmu Nahwu secara mendalam namun dengan bahasa yang mudah dinikmati yang dipindahkan dari blog aslinya yaitu belajarnahwu.wordpress.com karena dirasa lebih bermanfaat kalau digabungkan dengan blog utama ini.

Dalam tiap pembahasan tentang ilmu Nahwu selalu diusahakan menampilkan bahasa Arab dengan rasa Indonesia, yang artinya penulis berusaha mengeliminir rasa bahasa Arab dalam pembahasan materi dan terus konsisten untuk menterjemahkan contoh-contoh, baik itu ayat, hadits, syair atau kalimat dengan metode penyaduran dan sebisa mungkin menghindari metode letterlijk sehingga pembaca akan merasakan bagaimana memahami contoh-contoh itu dengan rasa bahasa Indonesia yang membantu memahami maknanya dengan tepat sesuai rasa bahasa Arab.

Tulisan 1-22 seluruhnya pernah dimuat di majalah Al-Muslimun dalam rubrik Al-‘Arabiyyah yang kemudian dengan seizin Allah SWT akan diteruskan materi lanjutannya hingga tuntas melalui media Blog ini.

Buku rujukan utama dari kajian ilmu Nahwu dalam blog ini adalah Audhahul Masalik Ilaa Alfiyah Ibn Malik dengan seluruh syarah yang membantu pemahamannya.

Tentang Penulis

Pada dasarnya, penulis merupakan penggemar ilmu komputer -kalau tidak boleh dibilang penggila- sejak kecil.

Mulai berkenalan dengan komputer saat berusia 14 tahun ketika PC masih banyak yang berprocessor 8086 dengan monitor dua warna -hitam dan hijau-(era 1992). Penulis mulai belajar non formal tentang ilmu komputer ini dari tingkatan intro to computer, DOS, word processor, spreadsheet, database, dan mulai otodidak mempelajari basic, pascal, assembly dan bahasa-bahasa pemrograman under DOS yang lain hingga tahun 1997 karena sulitnya mencari tempat kursus bahasa pemrograman di masa itu.

Mulai berkenalan dengan hardware sejak tahun 1998 seiring perjalanan seorang diri dari Surabaya, Salatiga, Magelang, Cilacap, Semarang, Gresik hingga Jakarta dan Bogor serta sempat belajar non formal tentang teknisi komputer di  Jakarta sebelum akhirnya mendapat beasiswa dan diterima kuliah di Fakultas Syariah LIPIA Jakarta di awal tahun 1999.

Mulai berkenalan dengan internet sejak tahun 2000, dan mulai berkenalan dengan pembuatan situs, HTML, software-software webdesign semacam Dreamwaver, Frontpage ataupun Homesite.

Mulai belajar tentang server dan linux pada tahun 2001 dan diamanahi menjadi webmaster di kantor http://www.alislam.or.id hingga 2002 yang pada masa itu mulai belajar bahasa pemrograman client-server seperti CGI, Perl, ColdFusion, ASP hingga mantap menyukai PHP dan mulai mengembangkan CMS sendiri, namun keburu patah arang setelah melihat kedigjayaan PHPNuke, Mambo ataupun Joomla.

Walhasil penulis sukses menyelesaikan studinya di Fakultas Syari’ah, LIPIA Jakarta, sebuah institusi dengan satu jurusan tunggal di bawah naungan Universitas Islam Muhammad Ibnu Sa’ud Riyadh dan lulus tahun 2002 dan berhasil “kabur” dengan mengantongi gelar Lc yang sering diplesetkan kawan-kawan menjadi “Lulusan Ciliwung” karena asramanya yang terletak di dekat bantaran kali Ciliwung.

Penulis sampai sekarang masih duduk di kelas internasional konsentrasi Ushul Fiqh program Pasca Sarjana di Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan beasiswa dari Dewan Dakwah Islamiyyah Indonesia cabang Jawa Tengah melalui Program Kader Ulama-nya.

Amanah resmi penulis adalah sebagai Direktur Ma’had Aly PERSIS Bangil sekaligus pengajar Ilmu Nahwu dan Ilmu Faraidh di Pesantren PERSIS Bangil.

Dan yang terakhir, karena banyak yang menganggap nama saya “Fatahillah Said” gara-gara judul Blog ini yang tertulis “Fatahillah said:” yang saya ambil dari bentuk Past Tense dari “Fatahillah says:”, maka saya ubah sedikit judulnya menjadi “Fatahillah menuliskan:” dengan rasa Indonesia dan dengan harapan mudah-mudahan tidak ada yang beranggapan bahwa nama saya adalah “Fatahillah Menuliskan” atau “Fatahillah bin Menuliskan.” Hemmm hemmm hemmm…

Mudah-mudahan bermanfaat…

 

Komentar ditutup.

 
%d blogger menyukai ini: