RSS

Penomoran menggunakan huruf Arab di MS Word 2007-2010

07 Sep

Tidak lama sebelum saya buat posting ini, salah seorang kawan saya minta bantuan untuk mengatasi masalah penomoran halaman menggunakan angka-angka arab di MS Word. Meski konsultasinya via SMS, namun alhamdulillah, kawan saya ini berhasil mengatasi masalah tersebut dengan baik.

Nah, posting ini saya buat untuk anda yang mungkin terbentur pada masalah yang sama dengan niat agar lebih bermanfaat untuk orang banyak, sekaligus memudahkan saya pribadi jika kemudian ada yang bertanya tentang hal yang sama. Artinya, saya tinggal SMS yang bersangkutan agar melihat postingan ini secara online (ya iyalah… 🙂 )

Pada prinsipnya, MS Word 2007 juga adiknya MS Word 2010 mampu menampilkan teks LTR (Left to Right) semacam tulisan latin juga teks RTL (Right to Left) semacam tulisan berhuruf arab, ibrani, jepang, korea atau huruf-huruf asia lainnya yang dibaca dari kanan ke kiri.

Namun meskipun kita sudah menginstal huruf arab atau huruf-huruf asia lainnya, terkadang penomoran default dari MS Word masih menggunakan nomon-nomor latin yang sebenarnya adalah Arabic Numbers karena semua orang tahu bahwa bangsa Romawi menuliskan angka menggunakan huruf-huruf semacam I = 1, V = 5, X = 10, XXV = 25 dan seterusnya. Whew… nggak kebayang bagaimana para akuntan publik masa itu menuliskan angka-angka menggunakan sistem itu.

Baru kemudian ketika bangsa Arab berhasil mereformasi peradabannya dan bahkan mengungguli peradaban Romawi, mulailah bangsa Romawi mengambil sistem penomoran bangsa Arab ini. Maka jangan kaget, di MS Word sendiri angka desimal 0-9 disebut sebagai Arabic Numbers.

Adapun angka-angka yang sering dianggap sebagai angka arab seperti:

sebenarnya bukanlah angka-angka arab tapi justru merupakan angka-angka yang berasal dari bangsa India. Maka, di MS Word pun, angka-angka ini disebut sebagai Hindi Numbers.

Hmmm, angka-angka arab dianggap angka latin, angka-angka hindi dianggap angka arab… okelah, kita anggap ini sebagai salah kaprah internasional, atau anda lebih setuju jika ini disebut konspirasi internasional?? He he he… kebanyakan menyimak cerita konspirasi internasional nih :-).

Anyway, bagi anda yang ingin membuat naskah, artikel, skripsi atau tulisan dengan berbahasa arab dan berangka arab, maka MS Word harus diberi tahu agar menggunakan paragraf berhuruf arab dan agar menggunakan angka yang juga angka-angka arab… err… maksud saya angka-angka hindi.

Untuk MS Word 2007 dan 2010, silahkan masuk menu File, lalu cari submenu Option seperti ilustrasi di bawah ini:

Setelah itu pilih pengaturan Advanced seperti ilustrasi di bawah ini:

Pada opsi di atas, anda bisa memilih antara Arabic, Hindi, Context dan System.

Jika anda memilih Arabic maka semua angka akan ditampilkan menggunakan Arabic Numbers yaitu angka 0-9, meski naskah anda berbahasa arab yang menggunakan huruf arab, atau berbahasa jepang yang menggunakan huruf jepang atau berbahasa asia dengan huruf-huruf rumpun asia lainnya. Di sini akan muncul ketidaknyamanan jika teksnya berhuruf arab, sementara angka-angka yang tampil menggunakan angka-angka latin… err… Arabic Numbers.

Jika anda memilih Hindi maka semua angka akan ditampilkan menggunakan Hindi Numbers yaitu angka , meski naskah anda berbahasa Indonesia yang menggunakan huruf latin, atau berbahasa apapun yang menggunakan huruf apapun. Di sini timbul masalah juga yaitu; jika teks menggunakan huruf latin, sementara angka-angka yang tampil menggunakan angka-angka hindi. It’s so depressing jika berhitung menggunakan angka-angka yang nggak Match dengan huruf-huruf naskahnya.

Jika anda memilih Context, maka MS Word akan memperhatikan arah paragraf dari naskah yang sedang diketikkan. Jika sedang menggunakan paragraf dengan arah LTR (Left to Right), maka MS Word akan menampilkan angka-angka latin/Arabic Numbers. Jika sedang menggunakan paragraf dengan arah RTL (Right to Left), maka MS Word akan menampilkan angka-angka arab/Hindi Numbers. Dengan demikian pilihan ini sangat tepat bagi anda yang membuat naskah tipe hibrida atau campuran antara teks latin dan arab seperti biasa dalam artikel-artikel islami yang menampilkan ayat-ayat Al-Qur’an ataupun hadits dengan nomor-nomornya. Dan secara pribadi, MS Word yang saya pakai selalu saya buat defaultnya dengan opsi Context ini karena seringnya saya menulis tulisan-tulisan bertipe hibrida.

Jika anda memilih System, maka MS Word akan menentukan penomoran sesuai dengan System Locale yang anda tentukan ketika menginstal Microsoft Windows anda. Misal: jika anda menggunakan English sebagai System Locale, maka MS Word akan mengikuti pola penomoran ala bahasa inggris. Jika anda memilih Saudi Arabia Arabic sebagai System Locale, maka MS Word akan mengikuti pola penomoran yang biasa berlaku di Arab Saudi termasuk sistem mata uang mereka.

Nah, berikut ilustrasi suatu naskah yang menggunakan pilihan Context untuk menentukan jenis angka yang digunakan:

Anda bisa melihat pada ilustrasi di atas satu paragraf menggunakan huruf latin dan angka latin, lalu di bawahnya ada satu paragraf lain yang menggunakan huruf arab dan angka arab, dan di bawahnya lagi ada Page Numbering menggunakan angka arab.

Kalo boleh saya sarankan, gunakan selalu opsi Context agar tidak merepotkan lagi dalam menggunakan angka latin dan arab secara simultan dalam satu naskah. Kalau bisa, jadikan opsi Context sebagai default opsi Advanced anda.

Semoga bermanfaat.

Iklan
 
7 Komentar

Ditulis oleh pada 1, 7 September 2012 in Komputerologi

 

7 responses to “Penomoran menggunakan huruf Arab di MS Word 2007-2010

  1. Syamsudin Ahmad

    1, 10 November 2012 at 12:22 pm

    alhamdulillah ahirnya nyampai juga tuh ilmu , jazaakalloh ahsan

     
  2. ngawiti ingsun

    1, 24 April 2015 at 4:59 pm

    شكرا

     
  3. Mach Choen

    1, 22 Juni 2015 at 12:30 am

    Terima kasih sekali. ArtikelSaudara sangat membantu saya.
    جزاكم الله أحسن الجزاء

     
  4. ikrom juki

    1, 12 Maret 2017 at 12:12 pm

    Syukran Jazakallah, Postingannya bermanfaat….

     
  5. Adang Sunda

    1, 4 April 2017 at 9:25 pm

    subhanallah شكرا جزيلا atas ilmunya,,sangat bermanfaat

     
  6. Muhammad Hilman Ismatullah

    1, 7 April 2017 at 6:50 am

    jazakallah khoiron katsiirr 🙂

     
  7. Belia Putri Salsabila

    1, 14 April 2017 at 10:05 pm

    ketika saya klik advanced, kok ngga ada kolom numeral untuk klik context ya?

     

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: